Program Pendidikan AL-Quran

Program Pendidikan Alquran

Pada SMP Negeri 2Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota,Sumatera Barat.

(Oleh: ZURNIATI, M.Pd, Guru SMP N.2 Kec.Guguak)

A. Latar Belakang

Perkembangan teknologi yang menjet membuat generasi muda lupa dengan  dasar  keagamaan. Dengan segala fasilitas yang sudah sampai ke setiap penjuru, malah sudah sampai ke sudut kamar membuat para penerus bangsa ini terlena, sehingga tidak lagi menghiraukan suara adzan ketika waktu sholat sudah masuk. Selalu mengulur-ulur waktu kala diingatkan untuk melaksanakan sholat wajib, dengan alasan menunggu acara iklan untuk melaksanakan kewajiban sebagai umat Islam, disaat jam tayang sinetron ditelevisi. Anak muda betah berjam-jam duduk di warnet dengan segala macam program atau main handphone untuk bicara yang tidak perlu. Mereka lupa dengan waktu, lupa dengan belajar, lupa masa depan yang penuh tantangan. Dunia ini membuat mereka lupa dengan dunia surau yang selalu didengungkan oleh para ulama kita. Maka terjadilah pergeseran nilai-nilai budaya dikalangan para pelajar.

Perkembangan teknologi ini tidak bisa ditinggalkan dan dikesampingkan. Perkembangan ini perlu diikuti dan dinikmati pada tingkat yang positif. Dunia pendidikan tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi. Pendidikan dipegaruhi oleh  perkembangan teknologi. Pendidikan identik dengan perkembangan teknologi.

Untuk mengantisipasi pengaruh teknologi yang negatif itu terhadap   para generasi muda dan membawa mereka  ke arah yang lebih baik, pemerintah provinsi Sumatera Barat telah menyusun  program Pendidikan Al Qur’an untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pemerintah melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga telah menunjuk satu sekolah setiap Kota dan Kabupaten sebagai piloting kegiatan ini se-Sumatera Barat untuk tahun pejaran 2009/2010.

Untuk Kabupaten Lima Puluh Kota pada Tingkat SMP, SMP  Negeri 2 Kecamatan Guguak adalah salah satu dari sekolah yang mendapat kesempatan untuk melaksanakan pendidikan Al Qur’an ini.

B.Tujuan

Sesuai dengan Kurikulum Pendidikan Al Quran Tingkat SLTP, tujuan Mata Pelajaran pendidikan  ALQuran adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kompetensi peserta didik  dalam membaca Al Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan irama tartil
  2. Meningkatkan kompetensi peserta didik untuk menulis ayat-ayat al qu’ran pilihan sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Arab
  3. Meningkatkan kompetensi peserta didik untuk mengartikan dan memahami isi ayat-ayat Al Qur’an pilihan
  4. Menghafal minimal 15 surat pendek pilihan yang terdapat dalam Juz ‘ dengan irama tartil
  5. Terbiasa mengamalkan isi Al-Qur’an, baik berkenaan dengan aqidah,ibadah maupun akhlak
  6. Meningkatkan efektifitas baca Al Qur’an dan pemahamannya di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

C.Fungsi

Mata Pelajaran  pendidikan Al Qur’an pada tingkat SMP berfungsi sebagai berikut:

  1. Mewujudkan generasi muslim yang cinta terhadap Al Qur’an
  2. Memotivasi peserta didik untuk membaca, menulis, menghafal, memahami dan mengamalkan AL Qur’an
  3. Melanjutkan upaya pada tingkat pendidikan sebelumnya.

D.Program Dan Kegiatan Pendidikan AL Quran serta Perkembangannya Untuk Tahun 2009-2010.

Pendidikan pada hakikatnya mengarah pada pembentukan manusia seutuhnya baik  secara fisik maupun mental.  Secara fisik, pendidikan mengarah pada pembentukan fisik yang kuat, kokoh, sehat dan punya daya tahan serta mempunyai pengalaman bertahan dari bahaya yang mengancam dirinya. Bagian pembinaan mental, pendidikan menginginkan pembentukan kepribadian yang utuh, berakhlak mulia.

Untuk mewujudkan insan yang beraklah mulia, memiliki kepribadian yang baik dan u tuh, perlu di dasari oleh rasa keimanan yang kuat dan kokoh.  Rasa keimanan dan ketaqwaan  itu bisa dimulai dengan membaca, menghafal dan memahami AL Quran. Orang yang sudah membaca, menghafal dan memahami serta mengamalkan Al Quran adalah orang-orang yang dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa.

E. Sasaran

Program pendidikan Alquran ini  sasarannya siswa kelas  VII dan VIII SMP Negeri 2 Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat Tahun  Pelajaran 2009/2010. Kelas VII  terdiri dari 4 ( empat)  kelas, yang masing-masing kelas berjumlah 25 orang. Kelas VIII terdiri dari 4 (empat) kelas yang juga masing-masing kelas berjumlah 23 0rang. Siswa SMP Negeri 2 Kecamatan Guguak seluruhnya  beragama Islam. Orang tua Siswa 95 % berasal dari  petani dan 5 % berasal dari pegawai dan pedagang. Tingkat ekomoni siswa termasuk ekonomi lemah kebawah.

F. Strategi Pelaksanaaan Program dan Kegiatan

Strategi yang dipakai pada pelaksanaan program pendidikan Al Qur’an perlu dikembangkan sistem terpadu. Sistem terpadu yag dimaksud disini adalah  adanya kerja sama yang baik antara tiga lembaga pendidikan, yaitu  sekolah sebagai lembaga pendidikan formal, keluarga sebagai lembaga pendidikan informal dan masyarakat sebagai lembaga pendidikan nonformal.

Pihak sekolah menjalin kerja sama dengan orang tua dalam bentuk tertulis dengan memberikan sebuah buku catatan kegiatan siswa dalam membaca dan menghafal  Al Quran di rumah sebagai buku kontrol. Pada buku tersebut dituliskan hari, tanggal serta nama surat yang dibaca dan dihafal oleh peserta didik. Buku itu  ditandatangani oleh orang tua dan satu kali dalam satu bulan dilakukan pengecekan dan diparaf oleh guru mata pelajaran di sekolah.    Pihak orang tua juga cukup memegang perana penting dalam program ini. Orang tua membekali anaknya dengan sebuah al Quaran yang selalu dibawa kesekolah setiap hari

Pihak masyarakat juga memberikan kontribusi yang cukup besar dalam kegiatan ini, seperti bagi peserta didik yang belum lancar membaca Al Quran tetap diberi kesempatan untuk tetap belajar pada MDA yang ada di masyarakat. Bagi yang sudah lancar  masyarakat biasanya mengadakan suatu acara yang dikenal dengan Khatam Al Quran  dengan suatu surat pernyataan atau Piagam, sehingga pihak sekolah melanjutkan ke tingkat menghafal dan memahami Al Qur’an.

Disekolah disediakan waktu 20 menit bagi siswa setiap awal pelajaran untuk membaca al quran secara bergantian. Kemudian juga  untuk jam muatan lokal diberikan dengan Pendidikan Al-Quran oleh guru agama setiap minggu dengan jumlah 2 jam pertemuan (80) menit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: